2/19/2010

Addie MS komentar soal The POWER Of SOUND

Sudah banyak buku yang diterbitkan di luar negeri yang menjelaskan betapa hebatnya pengaruh musik dalam berbagai aspek kehidupan kita. Terapi musik mulai populer sebagai alternatif cerdas dari cara-cara konvensional lainnya dalam menanggulangi berbagai masalah psikologis dan bahkan fisiologis manusia.

Namun hadirnya buku sejenis dari penulis Indonesia ini merupakan suatu hal yang istimewa dan patut kita apresiasi.Tanpa kita sadari, suara, baik dalam wujudnya yang disebut musik atau bahkan sekedar bunyi, telah sangat mempengaruhi perasaan, semangat, ketenangan dan bahkan detak jantung maupun irama pernafasan kita tanpa pandang bulu. Penonton opera meneteskan airmatanya, saat menikmati drama yang tersaji dalam bahasa yang dia tidak pahami. Burung piaraan riuh berkicau keras saat mendengar dentingan piano. Tanaman philodendron tumbuh lebih kuat setelah sering diperdengarkan musik-musik tertentu.

Penyangkalan terhadap universalitas dan eksistensi olah suara, termasuk nada, irama, timbre dan harmoni beserta pengaruhnya berarti menyia-nyiakan media komunikasi antar makhluk hidup yang sangat efektif.



Buku ini menawarkan solusi dalam meraih keselarasan pikiran, perasaan, serta jiwa dan raga dengan memanfaatkan suara dan teknik meditasi yang dijelaskan dengan menarik. Kemampuannya sebagai komponis membuat Diddi mampu menciptakan karya musik yang memang dibutuhkan untuk meditasi yang disarankannya.
Sebagai salah satu teman Diddi yang mengikuti perjalanan kariernya sejak awal, saya kagum pada pencapaian dan eksplorasinya yang membawanya ke tahap kesadaran untuk berbagi melalui buku ini, sebagai bagian dari hasrat mulianya dalam ikut mewujudkan kedamaian dan kebahagiaan di lingkungan kita.

Addie MS ( Komponis-Konduktor )

Tidak ada komentar: