10/12/2008

MEDITaSi,,perlukah..??

Mengapa Perlu Meditasi?
Apakah yang dicari oleh kebanyakan orang dalam hidupnya?Sebenarnya, mereka ingin mencari ketenangan batin dan keselarasan hidup.Selaras dengan yang mahahidup,,MAKROKOSMOS,,,dan kita manusia sebagai jagad alit atau MIKROKOSMOS….tetaplah singkron,selaras harmonis,sesuai dengan kehendak yang maha hidupT.idak sedikit di antara mereka berusaha mencarinya, walau mungkin merekatidak mengetahui dengan jelas cara mendapatkannya.Sebahagian yang lain sibuk mencari “inner peace” melalui,pasangan ,kekayaan ataupun posisi maupun popularitas….memang tidak ada yang salah dalam hal itu…namun sampai titik tertentu akan menjumpai hal semu…virtual,,fana……kita tetap berhak meraih posisi yang kita inginkan tersebut diatas & bukan berarti tidak boleh…..namun hal tersebut bukanlah satu2nya cara mutlak mencapai damai dihati,,,apalagi menuju tingkat emotional quotient,spiritual quotient bahkan sampai cosmic quotient,,,,
Mereka sering merasa bingung, merasa banyak menjumpai kekacauan dan kekalutan batin. Mereka diserang oleh bermacam-macam perasaan yang tidak memuaskan atau yang kurang menyenangkan hatinya. Secara singkat mereka initidak mendapatkan ketenangan dan kedamaian didalam batinnya.
Kebanyakan mereka ini kemudian menempuh cara yang kurang bijak untuk mendapatkanketenangan batin dan harmonisasi hidup . Mereka cenderung melihat dan mencari di luar dirinya sendiri.(Walau sudah ada kalimat popular..Dia lebih dekat dari urat lehermu,), Akibatnya, dunia eksternal ini dianggapnya selalu merupakan sumber dari semua kegelisahan.Dengan meditasi..kita melangkah menuju perjumpaan dengan diri sejati.,,damai dihati selaras dengan semesta….harmoni didalam harmoni diluar..
Bagi mereka yang mencari penyelesaian persoalannya dalam keluarganya, di dalam pekerjaannya,atau di dalam pergaulan dan dari faktor eksternal. Mereka selalu beranggapan kalau dapat mengubah keadaan sekelilingnya, mereka akan menjadi tenang dan bahagia.mendapatkan “inner peace”..Bagaimana mungkin,,,,,, mencari damai dihati yang paling dalam dengan keluar dari diri…?
Sekarang sudah banyak dijumpai orang yang telah menyadari kenyataan dan berpaling, yaitu menunjukkan perhatiannya kepada sumber yang sebenarnya dari kebahagiaan dan kegelisahan, ialah Mind SETnya. Pola pikirnya sendiri..Pola RASAnya ,,Kegiatan menunjukkan perhatian ke dalam diri sendiri, dalam pikirannya sendiri,Rasanya sendiri inilah yang dinamakan dengan meditasi.(inner journey,semedi,manekung,manunggal,duduk diam dan berbagai istilah masing2)
Dewasa ini meditasi telah banyak dipraktekkan oleh orang-orang dari berbagai bangsa dan agama. Mengapa demikian?
Karena kerja pikiran dan perasaan itu tanpa memakai corak bangsa atau agama tertentu.Jadi tugas meditasi adalah untuk mengerti atau menghayati sifat pikiran didalam kehidupan sehari-hari. Pikiran&Perasaan adalah kunci kebahagiaan, sebaliknya juga merupakan sumber penderitaan / malapetaka.
Untuk mengetahui dan mengerti perihal pikiran,perasaan dan menggunakannya denganseksama tidaklah harus dihubungkan dengan agama. Jadi meditasi dapat dilaksanakanoleh setiap orang tanpa menghiraukan corak agamanya.Walaupun dalam baanyak agama dikenal istilah,,yang pemahamannya mendekati dan sama dengan meditasi,,seperti khalwat,tafakur,racut ,dll
Sungguh banyak yang dapat dikerjakan oleh setiap orang untuk mendapatkan kesenangan duniawi dalam lingkungan yang penuh dengan kesibukan dan artifisial ini..?.ya…? kenapa? & sudah banyak dijual stimulus dan obat-obatan addictive pembangkit keceriaan …Jika memang benar demikian halnya........., mengapa kita harus bermeditasi? Apakah gunanya kita membuang waktu untuk duduk diam bersila,,pegel-pegel,,kesemutan ? hikz sebel,,,????

Sesungguhnya apabila Anda dapat melaksanakan meditasi dengan cara yang benar, maka meditasi akan dapat memberikan banyak manfaat untuk diri sendiri;
Bila Anda seorang profesional yang selalu sibuk, meditasi menolong membebaskan diri Anda dari ketegangan sehingga Anda menjadi relaks.
Kalau Anda sering berada dalam kegelisahan,kecemasan,kekawatirandll, meditasi akan menolong menenangkan diri Anda meditasi membantu Anda untuk mendapatkan ketenangan yang bersifat sementara maupun permanen.
Bila Anda mempunyai banyak persoalan yang seolah-olah tidak putus-putusnya,meditasi dapat menolong Anda untuk menimbulkan ketabahan dan keberanian serta mengembangkan kekuatan untuk mengatasi persoalan tersebut.
Bila Anda tergolong orang yang kurang mempunyai kepercayaan pada dirisendiri, meditasi dapat menolong Anda untuk mendapatkan kepercayaan terhadap diri sendiri yang sangat dibutuhkan.
Memiliki kepercayaan terhadap dirisendiri apalagi dengan tulus&cinta mengerjakan pekerjaan kita adalah kunci rahasia kesuksesan Anda.
Kalau Anda mempunyai rasa ketakutan dan keraguan, meditasi dapat menolongAnda untuk mendapatkan pengertian yang benar terhadap keadaan yang menyebabkan ketakutan itu, dengan demikian, Anda dapat mengatasi rasa takuttersebut.
Jika Anda selalu merasa tidak puas terhadap segala sesuatu dalam kehidupanini atau yang berada dalam lingkungan Anda, meditasi akan memberi Andaperubahan dan perkembangan pola pikir &pola rasa sehingga menumbuhkan rasa sykur dalam batin Anda.Tidak mudah mengeluh dan cengeng….
Jika Anda ragu-ragu dan kurang memahami makna dari sebuah ayat,,meditasi adalah salah satu langkah yang menghantar anda menuju kecerdasaan spiritual,,bahkan menuju cosmic qotient(KECERDASAN SEMESTA).Dimana kita dapat memaknai ayat suci ataupun kejadian dalam hidup dengan sudut pandang yang lebih luas dan kaya…
Jika pikiran Anda kacau dan putus asa karena kurang mengerti sifat kehidupandan keadaan dunia ini, meditasi akan dapat membimbing dan menambahpengertian Anda bahwa pikiran kacau itu sebenarnya bersumber diantaranya dari diri pribadi..dan melatih kita untuk tidak melekat dengan apapun,,
.
Kalau Anda seorang yang merasa berhasil dan memiliki posisi baik, meditasi dapat menolong Anda untuk melihat sifat kesuksesan dan mampu menggunakannya dengan sewajarnya, untuk kebahagiaan Anda sendiri maupun kebahagiaan orang lain.dan tidak melekat dengan kesuksesan ataupun posisi itu sendiri
Jika Anda seorang yang merasa miskin, meditasi dapat menolong Anda agar memilikirasa syukur dan ketenangan batin. Dengan demikian, Anda akan terhindar darikeinginan untuk melampiaskan rasa iri hati kepada orang lain yang lebihmampu atau yang lebih berada daripada Anda.Karena sejatinya pastilah kita punya kelebihan dibanding orang laain.
Kalau Anda seorang yang kebingungan sehingga tidak mampu menentukanjalan hidup ini, meditasi dapat menolong Anda untuk mendapatkan pengertiantentang kehidupan sehingga Anda dapat menempuh salah satu jalan yang benaruntuk mencapai tujuan hidup Anda.
Kalau Anda seorang yang telah lanjut usia dan merasa bosan terhadapkehidupan ini, meditasi akan menolong Anda untuk mengerti secara mendalammengenai hakekat hidup dan menjumpai sejatinya anda(DIRI SEJATI/REAL SELF)
Kalau Anda seorang temperamental, dengan bermeditasi Anda dapat mengembangkankekuatan kemauan untuk mengendalikan gelombang otak kita menuju jiwa yang tenang dsb.
Menjauhkan kita dari pikiran dan prasangka buruk…yakni kita trampil menbangun POLA RASA & POLA PIKIR yang Optimal
Jika Anda seorang yang merasa selalu diperbudak oleh kemelekatan indrawi,,meditasi dapat menolong Anda mengendalikan nafsu dan keinginan tersebut.,,kita akan menjadi heart manager yang handal..
Bebas dari ketergantungan obat2an stimulus keceriaan(ecstasy,shabu dll)karna semuanya sudah tersedia dalam diri,,tinggal kemampuan kitalah yang dapat mengaksesnya…
, meditasi memberi Andakesempatan untuk mengenal diri sendiri dan mengembangkan pengetahuan yang sangat berguna bagi kesejahteraan sendiri, keluarga dan lingkungan.
Kalau Anda dengan sungguh-sungguh melaksanakan latihan meditasi ini, maka semua nafsu nafsu Anda tidak mempunyai kesempatan untuk mengendalikan anda melainkan andalah RAJA untuk diri pribadi anda..
Kalau Anda seorang yang bijaksana, meditasi akan membawa Anda menuju kekesadaran yang lebih tinggi dan mencapai "Pencerahan Sempurna"upgrade ke level dan maqom yang lebih tinggi, Anda akanmelihat segala sesuatu menurut apa adanya .
Inilah sebagian manfaat praktis yang dapat dihasilkan dalam latihan meditasi.hasilnya tidak dapat dicapai hanya melalui buku... Uang tidak dapat dipakai untuk mendapatkannya. Anda mendapatkannya sebagai hasil menjalankan latihan meditasi. Anda temukan dalam diri sendiri yaitu dalam PIKIRAN & PERASAAN Anda. Dengan hati & kalbu yang penuh KASIH,,IKHLAS SABAR serta SYUKUR…Namun sangat disarankan tetaplah berlatih dengaan bimbingan seorang “GURU”,,,,,,,,,,,


SALAM CAHAYA......
PraBBu ShaTmaTA



Tidak ada komentar: