7/01/2008

apa sih GAS RUMAH KACA tuh??

atmosfer bumi terdiri dari bermacam2 gas dengan fungsi yg beda2 juga..nah...kelompok gas yang menjaga suhu permukaan bumi biar tetep anget di kenal ama sebutan "Gas Rumah Kaca" di sebut gt soalnya sistem kerja gas2 itu di atmosfer bumi mirip ma cara kerjanya rumah kaca yang berfungsi nahan panas matahari di dalemnya biar suhu di dalem rumah kaca tetep hangat dengan bgitu taneman di dalemnya pun bisa tumbuh dengan baek karna memiliki panas matahari yg cukup..

planet kita pada dasarnya tuh perlu gas2 itu buat ngejaga kehidupan di dalemnya.kl gak ada gas itu,bumi terlalu dingin untuk di tinggali karena gak ada lapisan yang mengisolasi bumi dari panas matahari.kontributor terbesar pemanasan global adalah CO2,metana (CH2)yg di hasilkan agrikultur ato peternakan, nitrogen oksida (NO)dari pupuk dan gas2 yg di gunakan untuk kulkas dan pendingin ruangan (CFC).rusaknya hutan sebagai stabilizer CO2 semakin memperparah keadaan.karna dengan matinya pohon2 itu, akan melepaskan CO2 yg tersimpan di dalam jaringan atmosfer.

ada juga gas yang menghasilkan efek pemanasan lebih parah dari CO2..yaiyu yg pertama metan, efek pemanasan 23 kali dari molekul CO2.molekul NO bahkan menghasilkan efek pemanasan sampai 300 kali dari molekul CO2. gas2 lain seperti "chlorofluorcarbons (CFC)" ada yg menghasilkan efek pemanasan hingga ribuan kali dari CO2.tapi untung aja pemakaian CFC telah di larang di banyak negara karna dituding sebagai biang keladinya yg ngerusakin ozon....


uda dulu yah....ntar gw lanjutin lagi ma blog2 gw yg pastinya berkualitas dan semoga berguna buat lo semua, biar ga bingung waktu di tanya tentang seputar Global Warming! ok???
see yah then!!

liat lebih lanjut info tentang Global Warming di http://en.wikipedia.org/wiki/global_warming
http://www.msnbc.msn.com?id/6662932
http://science.nationalgeographic.com/science/environtment/global-warmaing/gw-causes.html?nav=FEATURES

Tidak ada komentar: